you're reading...
Berita Awam

Orang Awam Lempari Bush Sepatu Jadi “Berkah”

boot-camp-bush_r190xSehari setelah jurnalis televisi Al-Baghdadia Muntazer al-Zaidi melempar sepatu pada Presiden Amerika Serikat (AS) George W Bush, game online berbasis inspirasi “peristiwa lempar sepatu” ini pun tercipta. Namanya Bush’s Boot Camp. Penciptanya adalah sebuah perusahaan produsen game online T-Enterprise.

Sebagai awamers alias orang awam pengusung awamologi, saya sungguh jadi terharu dan terhibur alias bahagia penuh makna. Lha, ternyata Pak Bush-suk yang selama ini jumawa semau-maunya nyahok oleh lemparan sepatu orang awam. Memang sih “sialnya” lemparan itu gak berhasil mengenai wajah Bush. Rupanya dia pandai mengelak. Itu lemparan pertama. Lemparan kedua, gagal juga. Ini lantaran Perdana Menteri (PM) Irak Nouri al-Maliki sigap menepisnya. Kala itu Bush memang sedang menyampaikan semacam pidato perpisahan kepada Irak lantaran sebentar lagi mau lengser turun tahta. Nah, PM Maliki mendampinginya.

Jelaslah kalau diperbandingkan dengan si sasaran lemparan yang presiden negeri sok adidaya, seorang wartawan televisi adalah orang awam rakyat biasa. Maka, dia pun seperti menjadi perpanjangan tangan orang-orang tak berdaya yang selama ini terzalimi oleh tingkah si presiden. Orang Irak dan dunia Arab pada umumnya pun membela Muntazer, bahkan menganggapnya pahlawan.

Menurutku pun benar bahwa paling tidak orang-orang pada umumnya akan “memaklumi” tindakan Muntazer. Kecuali orang-orang yang memang pro-Bush dan menghalalkan segala sepak terjangnya selama ini. “Bukti” lain bahwa tindakan orang awam pelempar sepatu itu masih berada dalam naungan pertimbangan nurani orang banyak, masih sesuai dengan common sense, adalah “berkah” ikutan dari peristiwa ini. Salah satunya ya terciptanya game online itu. Ternyata game serupa pun dibuat di Prancis. Situs YouTube juga kebanjiran pengunjung yang ingin berpartisipasi atas topik video tayangan pelemparan sepatu ini.bush-kena-sepatu

“Video Bush itu benar-benar menjadi virus yang berkembang sangat cepat,” ujar David Burch, manajer pemasaran YouTube. Dia mengatakan video Bush tersebut telah ditonton sebanyak 8,14 juta kali. Demikian aku baca dari koran SINDO (online). Situs-situs online lain juga memberitakannya, antara lain Inilah.com dan Arrahmah.com. Ilustrasi gambar di posting ini pun diambil dari kedua situs itu.

Kemarin (16 Desember) bahkan koran-koran serempak memberitakan perihal pelemparan ini. Dari koran Tempo hingga SINDO. Aku sendiri beli Koran Jakarta di kereta. Satu-dua orang yang aku liat sehabis tahu atau baca berita ini pun ketawa “bahagia” sambil memberi tahu temannya soal ini. Secara umum, para blogger pun sigap merespons ini. Salah satu yang mencatatkan perihal ini ada di  sini: Wartawan Lempar Presiden Bush.

Jadi, pesan moral dari postingan ini adalah (he he he, kayak ustad aje): jangan pernah abaikan sinyal hati kita. Ikuti terus pertimbangan-pertimbangan yang diberikan oleh nurani kita. Jangan pernah jadi jumawa. Hidup, orang awam.

About Bahtiar Baihaqi

Sekadar ingin berbagi, dari orang awam, untuk sesamanya, orang awam pula dan mereka yang prokeawaman.

Diskusi

7 thoughts on “Orang Awam Lempari Bush Sepatu Jadi “Berkah”

  1. giamana kalo kenak yahhh, ga bisa dibayangkan…tapi yang jelas bush emang pintar ngeles, kaya dulu waktu masih kecil maen kasti..

    =>Ya, selain tukang ngelas, bush sebenarnya juga tukang ngelas (tukang las karbit), hehehe.

    Posted by oyek | Desember 18, 2008, 8:45 pm
  2. emang bush dulu pelatih tinju kali,hehehe

    =>Ya, tunggu aja, mungkin nanti bakal ada yang nonjok dia.

    Posted by agus slm | Desember 19, 2008, 8:46 am
  3. seumpama kena banyangkan??????????taruh dimana
    mukaku(Bush)

    =>taruh di tempat sepatu. he he he

    Posted by agus slm | Desember 19, 2008, 9:51 am
  4. bagus tu kalo kena……..

    @Minimal dah kena teguran setimpal.

    Posted by perjalananq | Maret 1, 2009, 12:02 pm
  5. I’m new to this blog. Apologize for asking this though, but to OP…
    Do you know if this can be true;
    http://www.bluestickers.info/ringtones.php ?
    it came off http://ringtonecarrier.com
    Thanks🙂

    @Weh, nganggo boso londo, ra ngerti.🙂

    Posted by Bypetenly | April 11, 2009, 4:31 pm
  6. I’m new to this blog. Apologize for asking this though, but to OP…
    Do you know if this can be true;
    http://www.bluestickers.info/ringtones.php ?
    it came off http://ringtonecarrier.com
    Thanks🙂

    Posted by Bypetenly | April 14, 2009, 8:53 am
  7. Wow, amazing blog layout! How long have you been blogging for? you made blogging look easy. The overall look of your website is wonderful, as well as the content!

    Posted by Dee Samrah | Agustus 9, 2011, 4:57 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: