you're reading...
Unek-unek awam

LOWONGAN KERJA LAGI (Langsung dari Tuhan)

sepatucibaduyut

Ternyata, posting pertamaku soal lowongan kerja mendapat kunjungan lumayan meski (ketika ini ditulis) baru satu yang meninggalkan komentar. Ini tentu menunjukkan beberapa kemungkinan kenapa posting jenis ini terbilang laris kunjungan––sebagaimana pula halnya posting serupa di blog lain.

Salah satu dari kemungkinan tersebut adalah bahwa hal itu berarti banyak orang yang memerlukan pekerjaan. Bahkan, orang yang sudah punya kerja pun banyak pula yang masih mencari kerja sampingan atau tempat kerja baru yang lebih baik.

Tentu saja itu semua bukan hal yang keliru. Sebab, bekerja memang hal yang mulia. Tuhan pun menyukai orang yang rajin bekerja, termasuk rajin mencari kerja atau apalagi rajin menciptakan pekerjaan. Nabi (Muhammad SAW) pun demikian, lebih mencintai mereka yang “bertangan kasar” (tanda atau perumpamaan bagi orang-orang yang rajin bekerja) daripada yang “bertangan halus” (pemalas).

Masalahnya, tidak semua orang menghargai jerih payah kerja. Ada banyak pihak yang lebih suka “kerja sedikit/ringan” atau bahkan “cuma beraksi tipu-tipuan” tapi penginnya dapet uang miliaran. Ada pula yang menjadi pengusaha tapi pelit dalam menghargai karyawannya. Karena itu, jangan berkecil hati wahai para saudaraku semua, sesama orang biasa, orang-orang awam. Jika kita sungguh-sungguh bekerja, mencari kerja, atau juga “menciptakan pekerjaan”, meski semua itu hanya dalam skup kecil, gaji kecil, dan kemampuan memberi upah relatif masih kecil, insya Allah Sang Maha Pencipta akan memuliakan kita. Tentu saja jika semua itu dilakukan dalam jalur yang halal dan manusiawi (menghargai sesamanya dengan semestinya menurut kemampuan kita alias tidak pelit).

Yang pasti, Allah menyuruh kita bila selesai menunaikan salat (ibadah hablumminallah), segeralah bertebaran ke segenap penjuru bumi ini untuk mencari rezeki. Itu berarti Tuhan sendirilah yang telah “mengiklankan lowongan pekerjaan langsung kepada kita”. Ayo, cari dan temukan. Dari situ kita pun dapat “menciptakan” lahan atau kesempatan pekerjaan baru buat kita sendiri dan sesama.

Tulisan ini dibuat secara spontan tanpa sempat mencari referensi tambahan semisal menyangkut dalil-dalil firman Tuhan dan hadis Nabi menyangkut tema postingan. Ini dimaksudkan agar kita semua bisa memberi andil kerja untuk saling berbagi di sini.

About Bahtiar Baihaqi

Sekadar ingin berbagi, dari orang awam, untuk sesamanya, orang awam pula dan mereka yang prokeawaman.

Diskusi

One thought on “LOWONGAN KERJA LAGI (Langsung dari Tuhan)

  1. bisa kasih contoh riil buat kehidupan sehari-hari….poinnye belum dapet nih…tks ..Wass, wr,wb.

    @Ya, pokoknya berusaha aja. Bismillah, melangkah, ya gitulah.

    Posted by anonim.. | Januari 17, 2009, 12:41 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: