you're reading...
Berita Awam

Muxlim, “Facebook” versi Muslim

muxlim_screen

Ya, pada prinsipnya memang mirip Facebook (FB), situs jejaring sosial yang telah melahirkan jamaah Fesbukiyah atau bahkan “tarikat” Fesbukiyah menurut istilah GM, Goenawan Mohamad. Bedanya, ini bikinan seorang muslim, jadi tak dapat dimungkiri pastilah mengusung “warna Islam”.

Tapi, ini bukan situs agama, melainkan situs gaya hidup. Paling tidak, itu yang dikatakan penciptanya, Mohamed el-Fatatry, pengusaha muda asal Mesir. “Ya, Muxlim bukanlah situs agama, kita fokus ke gaya hidup,” ujar El-Fatatry seperti dikutip BBC.

muxlim_mohamed

Menurutnya, tujuan utama pembuatan Muxlim adalah agar teknologi informasi menjadi bagian gaya hidup muslim. Apa bedanya dengan gaya hidup orang lain? Dia bilang, gaya hidup muslim lebih kaya dan beragam dibandingkan gaya hidup kalangan lain. “Ada nilai-nilai yang dianut dalam segala hal,” sebutnya.

El-Fatatry mengungkapkan, dalam bertutur kata di situs bikinannya itu juga harus sopan. Tak ayal, jika ada perkataan sumpah serapah atau berbau porno, sensor pun akan bekerja. Tapi, dia juga membuka kesempatan bagi anggota Muxlim untuk bertukar pikiran tentang tema-tema yang bukan masalah agama semata.

Misi “terselubung” El-Fatatry adalah memerangi ekstremisme dan fundamentalisme. “Jika ada gerakan atau pemanfaatan Muxlim untuk gerakan ekstremisme, banyak anggota yang akan melaporkan kepada kami. Anggota Muxlim sangat waspada terhadap isu-isu itu,” katanya.

Berkat Muxlim, El-Fatatry masuk sebagai salah satu orang yang paling berpengaruh di dunia pada edisi majalah TIME 2008. Melalui Muxlim, dia menjadi “dewa penolong” bagi warga muslim yang ingin berhubungan dengan lawan jenis tanpa tatap muka. BBC menyebut Muxlim sebagai salah satu situs jejaring sosial yang tumbuh paling cepat di dunia. Bisa jadi, Muxlim bakal menggeser situs berbasiskan komunitas muslim seperti Mecca.com dan Islamicaweb.com.

Di saat bisnis lain harus bergulat dengan krisis keuangan global, Muxlim justru kian bersinar. Menurut El-Fatatry, bisnis yang lebih mengarah pada komunitas spesifik menjadi pegangan utamanya. Harian ternama Inggris Guardian memuji El-Fatatry sebagai pengusaha muda yang memiliki rekam jejak sangat mengesankan karena membalut teknologi dengan Islam secara kreatif.

Pada 2008 lalu, surat kabar terkemuka Finlandia Helsingin Sanomat memasukkan Muxlim Inc dalam 100 perusahaan tersukses di negara itu. Majalah teknologi terkemuka di Amerika Serikat (AS) juga menobatkan Muxlim sebagai salah satu best tech start-ups dari Eropa.

Padahal, menurut El-Fatatry, Muxlim hidup dari iklan dan jualan konten yang dapat diunduh. El-Fatatry menargetkan akhir tahun 2009 ini, Muxlim akan menjadi situs jejaring sosial yang dikunjungi 10 juta pengguna setiap bulan. Salah satu strateginya, Muxlim akan merambah negara-negara minoritas muslim.

Ann Mack, Direktur JWT, perusahaan analisis tren yang berbasis di New York, mengaku terkejut dengan perkembangan Muxlim yang sangat pesat. “Ini menunjukkan bahwa ada komunitas global yang kecewa dengan merek ternama. Padahal mereka memiliki uang. Merekalah yang tidak disasar oleh pasar-pasar merek besar,” katanya.

El-Fatatry mendapatkan inspirasi membuat Muxlim ketika dia melihat situs Islami tidak berinovasi. Sadar investasi di bidang teknologi memiliki dukungan modal kuat, dia pun mencari investor. Salah satu investor yang tertarik adalah Pietari Paivanen, investor yang fokus pada pengembangan teknologi. Lalu, pada 2007, Muxlim mendapat suntikan dana sebesar USD2 juta dari perusahaan Rite Internet Ventures.

Muxlim memiliki jumlah lalu lintas pengunjung yang bagus. Situs ini diapresiasi oleh penggunanya,” ujar Chief Executive Rite Internet Ventures––perusahaan berbendera Swedia––Christoffer Hagglund.

El-Fatatry sendiri merupakan warga Mesir yang tumbuh besar di Uni Emirat Arab (UAE). Di UAE, dia sempat kuliah ilmu komputer di American University of Sharjah hingga kemudian hijrah ke Finlandia untuk menempuh studi di EVTEK University of Applied Sciences pada 2004.

Di negara Skandinavia itu, El-Fatatry justru sukses dengan situs pertemanan yang diciptakannya. Dalam beberapa tahun mendatang, dia diperkirakan masuk dalam jajaran orang terkaya dunia versi majalah Forbes. Padahal, kini usianya baru 24. Tapi, baginya, usia muda merupakan kesempatan meniti jalan menjadi pengusaha kaya raya.

El-Fatatry memang telah menyukai dunia internet sejak usia 16 tahun. Ketika itu belum banyak orang memiliki blog atau situs pribadi. Tapi, dia justru telah memiliki sebuah situs pribadi yang memajang foto-foto dirinya untuk dikomentari teman-temannya. Pada usia 16 tahun itu, dia juga telah mengajar cara membuat situs internet di The Emirates Institute of Technology.

Kini, dunia pun mengakui kepiawaiannya mengelola Muxlim. Fitur-fitur yang ditawarkan situs jejaring sosial yang diluncurkan pada Desember 2006 ini memang sebanding dengan situs jejaring lain. Mulai dari video, berita, gambar, blog, dan chatting. Yang membedakan, Muxlim menawarkan konsep situs jejaring sosial dengan sentuhan Islami. Salah satu fitur paling digemari adalah Quran.Muxlim.com. Dengan fasilitas itu, kita bisa mendapatkan terjemahan Alquran dalam 25 bahasa.

Muxlim pun terus berupaya memperkaya fitur dan tentu fokus pada kebudayaan muslim. El-Fatatry menuturkan, dengan menawarkan tema-tema Islami, Muxlim kini mampu menyedot 2 juta orang setiap bulan. Padahal, 18 bulan lalu hanya diakses tak lebih dari 100.000 pengunjung. Yang tak kalah penting, El-Fatatry menujukan situs bikinannya ini untuk membentuk masyarakat yang cinta damai, tidak ekstrem.

“Saya dilahirkan dalam sebuah keluarga yang moderat. Kedua orang tua saya adalah jurnalis yang pernah berkeliling dunia. Dari pengalaman orang tua itu, pemikiran dan pandangan saya lebih terbuka,” kata El-Fatatry kepada Dinarstandard. “Ibu saya pun selalu mengingatkan agar saya menyelesaikan studi walaupun orangtua tetap mendukung karier profesional yang saya tekuni,” ungkapnya.

Demikianlah. Paparan tadi aku tulis ulang berdasarkan profil El-Fatatry dalam rubrik Mirror harian Seputar-Indonesia edisi 2 April 2009 dan cek silang data dari googling. Terutama dari sumber ini, http://dinarstandard.com/innovation/Muxlim022807.htm. Ilustrasi gambar-gambarnya juga diambil dari dinarstandard.com.

About Bahtiar Baihaqi

Sekadar ingin berbagi, dari orang awam, untuk sesamanya, orang awam pula dan mereka yang prokeawaman.

Diskusi

40 thoughts on “Muxlim, “Facebook” versi Muslim

  1. bacanya susah ya? muxlim.

    Posted by islamarket.net | April 2, 2009, 9:10 am
  2. wah, emangya kita perlu jaringan situs sosial di internet ya, apa tidak lebih baik kita punya pendidikan yang tinggi dan mantap agar kita kokoh.

    Posted by al kahary | April 2, 2009, 11:12 am
  3. tumben pak pake hurufnya gede2…..

    Posted by winy | April 2, 2009, 12:28 pm
  4. siiipppp…..
    dukungan penuh ….

    Posted by profesor | April 2, 2009, 12:37 pm
  5. siippp….

    Posted by damai pemilu | April 2, 2009, 12:40 pm
  6. Download Software AL-QUR’AN Pro Ver. 3.0
    Al-Qur’an lengkap 30 juz ( 114 Surat + teks & terjemahan (Arab/English/Indonesia))
    Tafsir Quran Lengkap, Penunjuk waktu sholat, 21 bahasa terjemahan Al-Quran, Al-Qur’an Audio with Voice of Shaikh Sudaish (Imam Mecca).
    Download Gratis Sekarang . Link Download http://www.ziddu.com/download/3082887/Al-QuranProVer.3.0.exe.html

    Posted by Frida Lidwina | April 2, 2009, 3:41 pm
  7. Mantep nih. Ayo Islam berkembang…!

    Posted by buJaNG | April 2, 2009, 3:54 pm
  8. Bagus ko….cayo2

    Posted by reni | April 2, 2009, 10:58 pm
  9. Owh ada juga yawh, coba ah nyari…

    Sapa tau memang menarik….

    Posted by bocahbancar | April 2, 2009, 11:51 pm
  10. Assalamualaikum

    Akhir nya terbit juga komunitas sosial untuk umat muslim di dunia maya…..saya akan browsing

    Posted by Andri | April 3, 2009, 10:11 am
  11. saya pasti ikutan!

    Posted by Dewi Nurbaiti | April 3, 2009, 11:33 am
  12. Asik …..

    Ikutan ah !

    Posted by deedz | April 3, 2009, 3:14 pm
  13. Aa.. bisa-bisanya kapitalis ini.. agama pun disimulasi mereka, berbahayaa..

    Posted by bogorbiru | April 3, 2009, 4:25 pm
  14. wah baru tahu nih. Saatnya untuk mencari temen-temen “yang bener” nih😀

    Posted by zenteguh | April 3, 2009, 5:40 pm
  15. @islam.net:
    Memang sih rada susah. Tapi, nama itu juga jadi mudah untuk mengingat kaitannya dengan sumber rujukannya, muslim.

    @al-kahary:
    Ya, untuk tujuan seriusnya, aku setuju denganmu. Untuk yang ini bisalah kita manfaatkan seperlunya saja.

    @Frida Lidwina:
    Makasih iklannya. Iklanin blogku juga ya.

    @Winy:
    Iya, “gak sengaja”. Mungkin jadi mudah bacanya, tapi bisa jadi ada juga yang suka ma jenis font yang kecil-kecil seperti biasanya.

    @Profesor/damai pemilu (sama kan?):
    Siip jugalah.

    @Bujang:
    Yo ayo, mantaplah.

    @Reni:
    Cayo2….barang bagus.

    @Bocahbancar:
    Silakan segera dicari.

    @Andri:
    Waalaikumsalam. Segeralah browsing.

    @Dewi Nurbaiti:
    Ayo, silakan ikutan.

    @Deedz:
    Iya tuh, barengan aja ma Nurbaiti.

    @Bogorbiru:
    Kekekek, itu tugasmu Pry untuk terus mengkritisi.

    @Zenteguh:
    Wuah, jadi selama ini teman-teman Mas Zen “gak bener” ya?

    Posted by Bahtiar Baihaqi | April 4, 2009, 5:51 pm
  16. Hanya ingin menyapamu, Mas. Pa kabar. Tidak rindukah dirimu berkunjung ke rumahku yang konyol. kini semakin konyol.

    @Duh, tentu saja aku rindu sekali. Tapi, soalnya, aku juga makin konyol gak bisa ngatur waktu. Jangankan untuk bisa rutin berkunjung ke blog temen2, untuk rutin bikin postingan pun gak bisa. Dikau pasti tau betapa blogspotku terbengkalai kan?
    Meski begitu, aku berusaha untuk bisa tetap berkunjung meski waktunya gak tentu. Moga dirimu dan temen2 yang lain bisa maklum.
    Mungkin aku perlu bikin postingan khusus soal mengatur waktu ini.
    Makasih, RCO.

    Posted by rco | April 5, 2009, 12:48 am
  17. saya baru tahu nih, apakah user Indonesia sdh ‘diracuni’? tp sy sendiri tdk/blm terniat bwt daftar di FB/Muxlim. sy cmn bsa kagum aj dengan ide2 pendiri FB/Muxlim ini. kalau tdk salah pendiri FB jg seumuran dg pendiri Muxlim. Indonesia kapan bisa bikin yang ‘meracuni’ dunia internet jg y?

    @Moga kita bisa terpicu kreatif.

    Posted by restandpeace | April 18, 2009, 2:27 am
  18. iyaa
    w uda bwt neeeh
    bagus tuuuh
    bwat acara silaturohim sesama umat
    di belahan dunia sana
    hehe…..

    by: anak sman1tamara
    085694064229

    @Wah, dah bikin ya, aku malah belum. Takut gak terurus.

    Posted by rahman cinta kiki | Mei 12, 2009, 6:35 am
  19. knapa takut gk terurus
    kan di catet di Noteped
    jadi suatu saat bisa di buka……

    @Maksudku, takut gak bisa sering online di muxllim. Tapi, boleh aja sih. Mungkin nanti aku bikin akun di muxlim. Makasih ya.

    Posted by rahman cinta kiki | Mei 13, 2009, 11:27 am
  20. waaaaah……… maju teruzzzzzzzz semua muslim . ayo kita bersatu!!!!!!!
    “HIDUP MULIA ATAU MATI SAHID”

    @Waduh, semangat membara nih. Yah, pokoknya disalurkan secara positif aja.

    Posted by HaehOE azhar | Mei 16, 2009, 4:53 pm
  21. gimna ni cara daftar muxlim???
    aku orang muslim pengen ikut nimbrung di dalemnya…….
    bales ya,,,,,

    @Ya, tinggal bikin akun-nya di Muxlim. Coba ikuti instruksinya di situ. (http://muxlim.com/account/create)

    Posted by iema | Mei 26, 2009, 10:57 am
  22. cara daftar muxlim gimana donk,,,,????
    chayoooo, buat umat muslim di dunia.

    @Bikin saja akunnya di Muxlim (http://muxlim.com/account/create).

    Posted by oday | Mei 26, 2009, 11:01 am
  23. ikut juga donk dalam muxlim……

    @Silakan, ikuti aja instruksinya di http://muxlim.com/account/create

    Posted by ical | Mei 26, 2009, 11:03 am
  24. ehhhmmmm, gimana yahhh
    boleh juga ikut muxlim.com

    @Boleh-boleh. Bikin aja akunnya segera: http://muxlim.com/account/create .

    Posted by syafaz | Mei 26, 2009, 11:29 am
  25. baguss… buatb wdah silaturahim…

    @Silakan segera dijalin.

    Posted by Abu Azka | Mei 29, 2009, 7:20 pm
  26. jejaring muxlim ini bagus untuk membangun gaya hidup islami di era modern

    Posted by maskholid | Juni 14, 2009, 7:19 am
  27. wah ternyata saya malah masuk sini … awalnya mau cari berita seputar muslim community … eh, melihat ada link awamologi mengenai muxlim …🙂

    barusan dah daftar … konten-konten yang ditawarkan jauh lebih bermanfaat daripada situs jejaring sosial lainnya … sangat-sangat bagus …

    terima kasih mas .. sudah bagi-bagi info yang satu ini …🙂

    @Sama-sama Bang Ardi.

    Posted by nomercy | Juli 2, 2009, 8:50 am
  28. sebenarnya jaringan seperti ini bagus jika para pemakai mempuyai satu visi dan tidak menjatuhkan yang lain
    tapi bagusnya jika ada kyai yang bisaa mengsering semua pertayaan para webster

    Posted by yanti_tissue | Juli 15, 2009, 1:26 pm
  29. ayo, cepat!
    kasih tahu teman-teman, kita pindah kesini (muxlim) semuanya!!

    Posted by atik semar | Agustus 7, 2009, 1:49 pm
  30. muxlim benar2 muslim???
    takutnya sudah dicekoki dgn yahudi dll

    Posted by fachru | Agustus 9, 2009, 11:09 pm
  31. okay dong yihuuuuy

    Posted by okay dong | September 30, 2009, 9:52 am
  32. muxlim….. hm…. pas ku coba ketik di google kok gak keluar di halaman pertAMA ya
    apa belum di buka untuk indonesia?

    Posted by yasin | Oktober 7, 2009, 12:44 pm
  33. alhamdulillah… saya ingin coba…

    Posted by reqgi | Oktober 22, 2009, 9:43 am
  34. Wew keren juga…boleh juga nih…

    eh, btw ijin KOpas yah !!
    tetep tak buat link ke sini kok !!
    makasih..

    @Silakan aja, sama-sama.

    Posted by dhanoe | November 20, 2009, 5:57 pm
  35. aku dah daftar lumayan lama beberapa bulan g kubuka lagi, asik sih tapi aku g bisa bhs inggris. apa sekarang dah ada fasilitas dengan bahasa indonesia…

    @Agaknya sih belum. Tapi kan jadi bisa belajar bahasa Inggris.

    Posted by eemenk | Desember 10, 2009, 9:19 pm
  36. “Semoga menambah bertambah ilmu dan pengetahuan”

    @Ya, semoga saja. Makasih.

    Posted by setiono | Januari 7, 2010, 12:32 pm
  37. wew!!!!!is amazing

    Posted by tarachan | Maret 27, 2010, 8:24 am
  38. Saya sudah mendaftar. tapi kok tidak ada konvirmasi berhasil atau tidak.

    @Coba dicek atau diulangi lagi. Saya sendiri gak aktif di situ karena FB aja telantar.

    Posted by zulkifli ibrahim | Juni 5, 2010, 9:18 am
  39. sayang bgt…
    gag ad bhsa indonesia.a..

    @Mungkin blum tergerak untuk ekspansi ke wilayah Melayu sini ya.

    Posted by ami | Juni 7, 2010, 2:42 pm
  40. kerennn !!! sigap melihat peluang🙂

    @Iya, kayak Kang Iman.

    Posted by chandra iman | September 8, 2010, 11:32 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: