you're reading...
Sok Berbagi

TUKAR-PINJAM BUKU, JALIN SOHIB BLOG BARU

bukuTerinspirasi para bloger senior yang sudah layak bertukar award, aku yang bloger awam jadi ingin juga bertukar sesuatu dengan sesama bloger (yang bener, “g”-nya satu, dua, atau dua-duanya bisa sih). Tujuannya untuk memperbanyak rekan, kawan, sahabat, sohib, (sahabat) karib, handai tolan, teman dan mempererat jalinan persohiblogan, perkariblogan, atau perhandaiblogan––pilih salah satu yang Anda suka, bisa bikin istilah sendiri, atau ambil yang sudah lebih populer saja: persohiblogan dari (Bunda) Menik.

Ya, kita bertukar-pinjam buku, yuk, untuk menambah wawasan. Nantinya kalau sudah sama-sama selesai bacanya bisa saling dikembalikan atau dipertukarkan dengan buku-buku lainnya. Bisa juga tanpa dikembalikan lagi alias bertukar koleksi buku lama atau baru (sengaja saling membelikan buku). Pokoknya bagaimana baiknya sajalah atas persetujuan masing-masing.

Tawaran ini berlaku untuk segenap bloger di seluruh penjuru jagat raya (ceilah, kayak yang sanggup aja). Tapi, untuk tahap awal, aku coba arahkan dulu untuk teman-teman di Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi) dulu. Itu juga yang relatif bisa aku jangkau (dekat dengan tempat tinggal di Bojong Gede, Bogor, dan wilayah aktivitasku di Kebon Sirih, Jakarta). Maksudnya, aku ingin langsung mengantarkan buku-buku itu kepada yang bersangkutan. Atau sebaliknya bisa juga, teman-teman menemuiku. Untuk mereka di Jabotabek yang tidak bisa bertemu langsung, bisa juga via jasa pengiriman. Jasa ini pula yang nantinya bisa untuk menjangkau teman-teman yang domisilinya lebih jauh.

Untuk memulai, aku coba tawarkan ide ini kepada teman-teman bloger Jabodetabek yang sudah sempat bertukar sapa di blogku. Salah satu yang kutahu tempat tinggalnya berdekatan adalah Kawanlama (Cibinong) yang belum lama bertegur sapa di dunia maya denganku.

Teman-teman semua yang berminat dapat memberikan pesan atau komentarnya di sini dengan menyertakan alamat e-mail (serta blognya, dll) sehingga mudah dihubungi balik. Bisa juga sekalian mengirim pesan detail mengenai hal ini ke alamat e-mail-ku: awamologi@gmail.com.

Kiranya begitu dulu ya. Mudah-mudahan bisa terwujud dan saling memberi manfaat.

About Bahtiar Baihaqi

Sekadar ingin berbagi, dari orang awam, untuk sesamanya, orang awam pula dan mereka yang prokeawaman.

Diskusi

16 thoughts on “TUKAR-PINJAM BUKU, JALIN SOHIB BLOG BARU

  1. wah ide yang bagus pak…ssttt saya jauh pak di serang heheheh

    @Biar di Serang, insya Allah nanti juga bisa sampai ke sana. Yang penting silaturahmi terjalin dulu. Makasih ya.

    Posted by omiyan | April 14, 2009, 4:00 pm
  2. pak kalo saya pengin pinjam ketemu di mana ya? qiqiqi……😀

    @Ya di perpus-lah. Masing2 pinjam buku berlainan, trus dituker deh … (lha wong satu “rumah” je)😀

    Posted by zenteguh | April 14, 2009, 4:41 pm
  3. wah setuju banget Pk, tapi saya di perbatasan jawa tengah jawa barat nih

    @Ya, kita saling kontak dulu Mas Narno. Nanti klo ada waktu, moga kita bisa bertemu dan bertukar buku. Atau bisa dengan cara lain. Pokoknya bisa diaturlah.

    Posted by sunarnosahlan | April 14, 2009, 4:48 pm
  4. List bukunya apa aja pa abah? Kita adu koleksi (hiahhh). Btw kebun sirihnya di daerah mana (pura2):mrgreen:

    @Ya, jelas aku kalah soal koleksi, lha dikau kan “berumah” di perpustakaan. Jadi, mending kita saling menyarankan untuk baca buku tertentu aja yang kita nilai “cocok” untuk masing-masing. Nah, baru kita bisa ketemuan di kebon.:mrgreen:

    Posted by Uchan | April 14, 2009, 5:21 pm
  5. Ide bagus. Kalau di luar Jabotabek bisa nggak tuh?

    @Insya Allah nanti bisalah. Yang penting kita saling kontak aja dulu. Ini proyek jangka panjang kok.😀

    Posted by racheedus | April 14, 2009, 10:55 pm
  6. Buku nya itu tentang apa ya ? bagus ngga ? kalo di daerah kampung melayu ap bisa pinjam juga ?

    @Mba Annissa tinggal menyebutkan ingin baca buku apa? Mudah2an aku punya, klo gak, mungkin bisa kuusahakan (klo perlu ya beli). Sebaliknya, Mba Annissa juga mesti menyiapkan buku yang ingin kubaca juga. Klo aku fleksibel, bisa buku apa saja. Jadi, sebutkan saja (via e-mail atau di sini) misalnya Mba ingin baca buku A, trus koleksi yang Mba punyai untuk kubaca adalah B, C, D, dst. Gitu dulu ya Mba, makasih dah berpartisipasi.

    Posted by Annissa | April 15, 2009, 5:20 pm
  7. Aku kebagian jatah, nggak, ya?
    Jatah dipinjami selama-lamanya gitu maksudku.
    Mudah-mudahan iya. Aamiin…

    @Insya Allah Mas. Cuma, khusus untuk Mas Shodiq kan mesti nunggu buku yang aku tulis sendiri, jadi ya mesti agak sabar nih. Makanya, doakan agar cepet kelar ya Mas. Amin.

    Posted by M Shodiq Mustika | April 22, 2009, 11:14 pm
  8. Ada buku harry potter 1 – 7 ga?

    @Waduh, langsung tujuh buku, dong. Klo salah satu aja gimana? Atau satu judul lain? Oke, nanti kita japrian aja untuk soal ini.

    Posted by Dinda Watson | April 23, 2009, 5:40 am
  9. mbok ya saya dikasih aja pak… *celamitan*:mrgreen:

    @Ada tuh, buku Pendidikan Moral Pancasila dan P4. Dah punya blum, Bun.

    Posted by Menik | Mei 1, 2009, 3:58 pm
  10. thanks ya,,, ini bermaafaat buat saya… trus2 yang buat artikel yang menigkatkat kepribadian orang… sekali lagi thanks… A+ buat anda…

    Kami menyediakan jasa pembuatan website harga mulai Rp800 ribu

    info: http://expedisi.com
    HP : 081218598707 UP “Magen”

    @Makasih juga. Infonya boleh pula tuh.

    Posted by Magen | Mei 3, 2009, 10:21 am
  11. balance ball chair by gaiam ……

    @Sori, dipotong ya, kepanjangan iklan soal seksnya, he he he….

    Posted by SAffotorew | Mei 9, 2009, 2:46 am
  12. salam kenal pak. idenya menarik nih. sejauh ini apakah sudah berjalan? sy mau ikutan.🙂

    @Salam juga Martha. Nanti aku hubungi via e-mail. Bisa juga Martha langsung menyebutkan buku yang tengah diincar untuk dibaca karena dirimu langsung bisa ikutan kok.

    Posted by martha | Juni 19, 2009, 11:58 am
  13. Ide yang bagus saling tukar pinjam buku, tapi perlu dicermati juga pak buku adalah aset yang tidak ternilai karena berisi informasi dan pengetahuan sehingga harus dijaga baik-baik. Nah…kalau dipertukarkan bagaimana pengamanannya? Baiknya dibuat komunitas penggemar buku yang memiliki dan mempunyai hobi koleksi pustaka.

    @Iya Pak John, memang lebih bagus bikin komunitas macam itu, tapi agaknya gak mudah. Lah, yang ini saja gak jalan kok, he he he.

    Posted by John | November 29, 2009, 5:38 pm
  14. teman2 di dblogger lagi bikin program otomatisnya bro. doain aja

    Posted by MT | April 5, 2011, 6:34 am
  15. banyak buku yang nda layak pakai…..bingung mau nukar dmana ,,

    Posted by hengki | September 13, 2012, 10:51 am
  16. tukar like yuk ! http://software4ku.wordpress.com/

    Posted by programgwe | Desember 28, 2012, 6:20 am

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: