you're reading...
Curhat Awami

HIDUP: Harta, Seks, Rokok, dll (1)

Astagfirullahalazim. Aku nyata-nyata masih hidup, tetapi tak tahu apakah aku memahami hidup. Saat kata-kata ini dituliskan, aku hanya sedang mencoba berpikir dan berupaya menjawab segenap pertanyaan yang nongol begitu saja tanpa diminta atau sekadar menuliskan apa yang aku rasakan. Atau, entahlah, kucoba menuliskannya saja.

Tuhan? Insya Allah aku termasuk orang yang meyakini keberadaan dan kekuasaan-Nya. Lembaga agama yang menampung keyakinanku itu bernama Islam. Tapi, aku rasa hidup tak sesederhana itu meski kita mestinya tetap dapat berpikir sederhana. Lalu, di mana letak ketidaksederhanaan itu? Apakah itu ada dalam diriku saja, dalam pikiran dan kalbuku? Atau itu ada pada orang-orang lain, pada keluarga, teman, tetangga, rekan kerja, perusahaan, masyarakat pada umumnya, pemerintah, dll?

Ya, aku ingin sekadar hidup layak, tapi kok susah. Apa karena aku yang bodoh, malas atau karena lingkungan yang tak peduli? Atau karena gabungan berbagai unsur internal maupun eksternal? Lalu, jika dipersentase, unsur mana yang lebih dominan? Jika unsur luar yang lebih berperan, apa aku cukup menanti pergantian pemimpin dalam Pilpres 2009 saja yang semua kandidatnya menjanjikan kesejahteraan rakyat?

Ah, entahlah. Sebagai pribadi, tentu saja, seberapa pun sedikitnya, aku tetap berupaya mandiri meski harus tahan hidup prihatin. Tapi, jangan-jangan malah negara yang nggak mandiri, amat tergantung pada pihak lain, pada bantuan dan pinjaman pihak asing. Padahal, konon, negeriku subur. Kok, pesawat TNI saja kuno-kuno dan amat sering tertimpa kecelakaan yang bikin hati hancur lebur? Kok, orang-orang saling ribut soal utang negara yang tak kunjung menyusut, bahkan BLT saja berkomponen utang?

Namun, jangan khawatir. Di negeriku ini banyak orang kaya raya kok. Biarpun krisis, mobil sport Ferrari terbaru berharga sampai 5 miliar pun langsung 8 terpesan. Eits, orang awam dilarang nyengir pertanda iri hati! Cukup menelan ludah saja.

Mohon maaf buat yang belum nikah. Soalnya, kala beban pikiran mulai mendekati zona merah alias berada di ambang batas kekuatan, aku kerap melampiaskannya kepada keluarga. Kepada anak-anak dan istri. Bukan aku marah-marahi, tapi aku mesrai. Hehehe, jangan ngiri yang masih hidup sendiri.

Betulkan semulus itu? Tak ada konflik?

Ya, ada-lah. Pastilah ada marah-marahnya. Sering malah. Tapi, alhamdulillah, di balik tiap bentrok, aku masih bisa berkatarsis (halah, istilah apa ini) dalam surga kasih sayang bersama anak-anak dan istri.

Sayangnya, setiap kali keluar dari “pintu surga”, karena memang surga dunia itu tak bisa dinikmati lama-lama (mungkin karena dunia bukan wujud yang kekal), angin neraka kerap bertiup menyambut. Memang, ada kalanya bisa langsung kutepis. Tapi, sering pula amat mengganggu kenyamanan. Bahkan, kerap ada yang menghanguskan bagian-bagian dari diri kami.

Ya, angin neraka itu kerap menyambar kami bersama soal-soal bernama harta. Lain kali ia datang bersama makhluk bernama seks. Sekonyong-konyong pula ia bisa nongol lewat iklan rokok di televisi, lalu melebar dengan menyeret sesosok peran wanita (lewat pemicu bintang iklannya), seks pun dibawa-bawa-serta, dan seterusnya. (Bersambung).

*Keterangan tambahan:

Aku berharap ada yang sudi berbagi komentar atas curhatku ini. Untuk lima komentator pertama, aku memberi bonus award yang pernah kuterima atau paling tidak namaku ikut disebut di dalamnya. Ada tiga. Yang pertama dan terbaru aku dapat secara estafet dari Mas Apria-Omblog.   Dua sebelumnya aku peroleh estafet juga dari Mas M. Shodiq Mustika dan  Mas RCO via blogspotku. Yah, aku baru bisa kasih tiga bonus itu buat kalian teman-teman. Gak papa ya.

About Bahtiar Baihaqi

Sekadar ingin berbagi, dari orang awam, untuk sesamanya, orang awam pula dan mereka yang prokeawaman.

Diskusi

14 thoughts on “HIDUP: Harta, Seks, Rokok, dll (1)

  1. bila ya, alhamdulillah. Tapi say gak usah dikasih award pak (malu). Postingan ini rasanya juga mewakili kata hati, jd saya aj yang berterimakasih…:D

    Posted by zenteguh | Juni 17, 2009, 12:50 am
  2. apakah saya yang nomorsijimologi..??

    Posted by zenteguh | Juni 17, 2009, 12:50 am
  3. Mas Teguh dan teman-teman semua, soal award itu gak perlu sampai bikin malu, susah, takut atau apalah. Kita apresiasi santai2, asyik2, nyaman2 saja tanpa beban apa2. Gak perlu pula diestafetkan lagi biar gak membebani. Tapi, bukan berarti aku berkeberatan atas estafet dari beliau2 para pemberi award itu. Aku sangat berterima kasih karena berarti mereka ingat pada diriku.
    So, mari kita teruskan perjuangan: ubah keadaan diri kita semua jadi lebih baik (*sedang menghindari seruan “lanjutkan”).

    Posted by Bahtiar Baihaqi | Juni 17, 2009, 3:04 am
  4. mau koment malah takut kalo dapet award.. gaptek soalnya

    Posted by suwung | Juni 17, 2009, 8:52 am
  5. kehidupan memang penuh dengan aneka warna.
    salam Pak Bahtiar

    Posted by sunarnosahlan | Juni 17, 2009, 7:25 pm
  6. selam hayat masih dikandung badan, sehat wal afiat lahir dan batin, itulah kesempurnaan hidup. Pada kehidupan akhirat, siapkan dari sekarang-detik ini juga, siapa tahu detik kemudian detak jantung kita tiba-tiba berhenti.

    Maaf saudara, baru bisa BW hari ini. rindu sekali baca posting teman2.

    Salam hangat untuk semua

    Posted by rco | Juni 17, 2009, 8:21 pm
  7. assalamu alaikum wr. wb.

    alhamdulilah…
    Selamat akhirnya golput berhasil memenangkan jumlah suara terbanyak!
    Saya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung Partai Golput,
    baik yang dengan penuh kesadaran dan keikhlasan maupun yang tidak.
    Lho, maksudnya? Ga Nyambung & Ga Jelas? :-\

    Sudah saatnya kita ganti sistem!
    Sistem yang lebih “pro rakyat” dan lebih “berbudi”…
    Ayo kita ganti secepatnya, “lebih cepat lebih baik”…
    Mari kita “lanjutkan” perjuangan dakwah untuk menegakkannya!
    Sistem Islam, petunjuk dari Sang Maha Pencipta!

    Lihatlah dengan hati dan fikiran yang jernih!
    Aturan Sang Maha Pencipta diinjak-injak
    dan diganti dengan aturan yang dibuat seenak udelnya!
    Dan lihat akibatnya saat ini, telah nampak kerusakan
    yang ditimbulkan oleh sistem sekulerisme dan turunannya
    (seperti: kapitalisme, sosialisme, demokrasi, dsb) di depan mata kita!

    Banyak anak terlantar gara2 putus sekolah.
    Banyak warga sekarat gara2 sulit berobat.
    Banyak orang lupa gara2 ngejar2 dunia.
    Dan banyak lagi masalah yang terjadi gara2 manusia nurutin hawa nafsunya.

    Lihat saja buktinya di
    http://hizbut-tahrir.or.id/2009/05/12/kemungkaran-marak-akibat-syariah-tidak-tegak/
    http://hizbut-tahrir.or.id/category/alwaie/
    http://hizbut-tahrir.or.id/category/alislam/
    dan banyak lagi bukti nyata yang ada di sekitar kita!

    Untuk itu, sekali lagi saya mohon kepada semua pihak
    agar segera sadar akan kondisi yang sekarang ini…
    dan berkenan untuk membantu perjuangan kami
    dalam membentuk masyarakat dan negeri yang lebih baik,
    untuk menghancurkan semua bentuk penjajahan dan perbudakan
    yang dilakukan oleh manusia (makhluk),
    dan membebaskan rakyat untuk mengabdi hanya kepada Sang Maha Pencipta.

    Mari kita bangkit untuk menerapkan Islam!
    secara sempurna dan menyeluruh.
    mulai dari diri sendiri.
    mulai dari yang sederhana.
    dan mulai dari sekarang.

    Islam akan tetap berlaku hingga akhir masa!
    Dan Islam akan menerangi dunia dengan cahaya kemenangan!
    Mohon maaf apabila ada perkataan yang kurang berkenan (-_-)
    terima kasih atas perhatian dan kerja samanya.

    wassalamu alaikum wr. wb.

    @Walaikumsalam wr.wb. Mas, mestinya dibikin proposal yang lebih konkret, lalu disosialisasikan ke pihak2 lain sehingga akan kelihatan nanti bagian2 mana yang pas dan yang tidak. Lah, yang sudah bikin partai dan masuk politik riil aja blum bisa mewujudkan “proposal keislaman” itu lho Mas.

    Posted by dir88gun2 | Juni 18, 2009, 10:07 am
  8. Buat Suwung, Mas Narno, RCO, dan Renda,
    terima kasih atas atensinya. Maafkan aku jika tak segera berkunjung balik karena kesempatan ngenet amat dibatasi.

    Posted by Bahtiar Baihaqi | Juni 18, 2009, 11:28 pm
  9. Atas semua “cacad” yang kita derita selama ini, masihkah orang2 mau lanjutkan? Walau orang2 yg lainnya juga ga kalah sama menyajikan “neraka” juga…

    mudah2an kita nggak “gila” untuk ntar apa yg akan terjadi nanti… mudah2an

    @Ya, mudah2an, amin.

    Posted by Uchan | Juni 21, 2009, 1:27 pm
  10. Questions and answers about Beach hotel southern california and On the beach poster http://beach.goodnanoav.com/

    @Okeh deh.

    Posted by paifevehisp | Juni 29, 2009, 4:00 am
  11. Read more hot reports about Business, Form business or Women small business loans http://business.goodnano-av.com/

    @Halah, ono meneh.

    Posted by HerssastNab | Juli 3, 2009, 10:54 pm
  12. Most recent information about Paris hiltons boobs and Boobs big http://busty.goodnano-av.com/

    Posted by Evismitoess | Juli 9, 2009, 3:32 pm
  13. pelayanan asuransi buat brobat di RSIJ_ugd ga dibantu n ga dksih tau kpd pasien pdhl ga ada keluarga yg nungguin sy

    @Mestinya sih RS memberikan pelayanan sebaik-baiknya. Tapi, rupanya mereka gak mau dapat pahala, maunya pengin terima duit terus dengan kerja "sebatas prosedur".

    Posted by rsijpusat@rsi.co.id | April 12, 2010, 12:05 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: