you're reading...
Berita Awam

Kecewa Barca

Tak ada sihir Barcelona (Barca), Rabu dini hari tadi (21-04-2010). Tak juga dari Messi atau apalagi Xavi. Dalam penguasaan bola, Barca memang mendominasi, tapi gawang mereka justru lebih banyak mendapat gempuran eksekusi. Mereka memang lebih dulu bikin gol, tapi itu segera jadi basi karena Inter Milan sanggup segera membalasnya dengan aksi bertaji. Gol Barca yang cuma satu biji pun akhirnya dibalas dengan tiga gol berarti. Satu gol balasan sama-sama tercipta di babak pertama, dua gol lagi datang bertubi di babak kedua. Para pendukung Barca pun merana, kecewa.

Pep Guardiola, pelatih Barca yang fenomenal di musim lalu dengan raihan 4 6 (enam) gelar juara di ajang berbeda, benar-benar dibuat mati kutu oleh strategi brilian pelatih Inter Jose Mourinho. Barca memang dibiarkan tampil dalam gayanya, bermain cepat dengan umpan-umpan pendek mendatar dari kaki ke kaki, tapi mereka tak diberi ruang untuk memaksimalkan penguasaan bola. Mereka jadi tak leluasa memompa performa. Hampir tak ada ruang tembak dan penetrasi akrobatik bagi Messi. Begitu pula tak ada area kreasi buat Xavi untuk membagikan umpan-umpan menawan. Itu karena para pemain Inter amat ketat dan disiplin menjaga pertahanan dan sigap memberikan serangan balik, antara lain lewat tusukan-tusukan cepat dari kedua sayap.

***

Ah, sebenarnya aku bukan penggemar fanatik sepak bola. Aku juga tak begitu tahu soal taktik atau strategi olah raga merakyat ini. Aku hanya menikmatinya sebagai sebuah tontonan hiburan, serupa dengan ketika aku menonton drama atau film.

Karena itu pula mungkin kerap timbul perasaan “pembelaan” yang tak lazim, tak sebagaimana para penggila bola yang masing-masing amat fanatik terhadap tim kesayangannya. Misalnya, aku lebih suka mendukung tim underdog daripada tim favorit meski tak selamanya begitu. Memang, aku juga punya tim (relatif) “tetap” yang aku jadikan sebagai tambatan dukungan, yaitu Chelsea di Inggris dan Inter Milan di Italia. Itu juga gara-gara tak sengaja, semula untuk “mengimbangi” dukungan yang cenderung didominasi tim-tim favorit. Di Inggris ketika itu (dan hingga kini/musim lalu) Manchester United jadi langganan juara, begitu pula di Italia, Juventus dan AC Milan merajalela. Hanya setelah adanya skandal “pengaturan skor”, Juve dan Milan disalip Inter. Hal itu diikuti dengan datangnya Mourinho dari Chelsea ke Inter.

Namun, aneh, setelah Inter yang dilatih Mourinho mengalahkan Chelsea di Liga Champions musim ini––padahal sebelumnya dia gagal mempersembahkan gelar juara ketika menangani Chelsea (dikalahkan Barca)––, aku lalu lebih mendukung Barca pada pertandingan Rabu dini hari tadi. Sayang, Barca kalah.

Memang, masih ada pertemuan kedua pekan depan di kandang Barca. Namun, Barca mesti menang dengan selisih dua gol untuk lolos ke final. Semoga pihak yang arogan (merasa di atas angin) akan kalah. Sebagai orang awam “sejati”, aku memang takkan pernah mau bersahabat dengan kesombongan di mana pun. Termasuk ketika nanti Inter yang kembali jadi pemenang. Sebab, jika demikian, mungkin si mulut besar Mourinho akan berucap, “Now, I am really The Special One.”****

Ket. Gambar diambil dari sini.

About Bahtiar Baihaqi

Sekadar ingin berbagi, dari orang awam, untuk sesamanya, orang awam pula dan mereka yang prokeawaman.

Diskusi

4 thoughts on “Kecewa Barca

  1. krn kecewa😦 nonton ngak sampe akhir 2-1 langsung bobo😉

    @Gpp, Bung KC. Yang penting kan Bung bisa memaknainya sebagai sebuah "sejarah", he he he.

    Posted by kopral cepot | April 21, 2010, 8:51 pm
  2. tuwah morinho masih lebih sakti …🙂

    @Agaknya sih begitu. Salam kangen, Mas.

    Posted by bahtiar | April 22, 2010, 6:50 am
  3. Saya mah cuma tahu Persib euy😀

    @Oh, yang suporternya suka tawuran itu ya, he he he.

    Posted by Miftahgeek | April 22, 2010, 1:11 pm
  4. akang….
    saya Japra dari Semarang…
    aslinyah orang bogor….
    liat-liat blog saya yah…..
    jangan lupa komen sama follow,,,
    biar terus bisa interaksi,,,
    http://kangzhavratulistulis.blogspot.com/


    @Salam kenal, Japra. Terima kasih atas kesediaannya menjalin perkariblogan. Insya Allah nanti aku berkunjung ke blogmu. Sementara ini aku agak jarang online.

    Posted by kang zhavra | Mei 3, 2010, 11:27 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: