you're reading...
Uncategorized

Aku Tak Berniat Puasa … Maaf

Sungguh, selama ini aku tak pernah berniat untuk puasa meski pada akhirnya puasa juga. Memasuki Ramadan kali ini pun aku tak berniat hendak puasa dan goresan ini membuktikannya: puasa ngeblog. He he he.

Ya,  postingan terakhirku bertanggal 12 Mei 2011. Itu berarti sudah dua setengah bulan lebih aku puasa ngeblog. Padahal, aku tak menginginkannya vakum berkepanjangan begitu. Maunya tetap rutin bikin postingan. Tapi kenyataannya kosong melompong tanpa tulisan apa pun. Ya, sudah, mungkin memang sudah takdirnya begitu.

Maka, memasuki Ramadan 2011 ini, aku usahakan “berbuka” saat segenap muslim yang (pinjam kata-kata Pak Sarlito Wirawan Sarwono) “sehat jiwa-raganya” berpuasa. Bedanya, yang satu berbuka dari puasa ngeblog, satunya lagi berpuasa Ramadan.

Tentu saja, sebagai muslim, aku bukan saja harus berniat puasa Ramadan, tetapi juga mesti benar-benar menjalankannya. Adapun dalam hal ngeblog, semoga itu bisa menjadi sarana untuk lebih memaknai puasa Ramadan. Bisa menjadi sarana introspeksi, bisa pula menjadi sarana pemacu perbaikan diri.

Menurut guru sufi Muhammad Zuhri, ibadah puasa itu dapat menjadi sarana untuk mendapatkan energi linuwih, untuk meningkatkan kualitas kedirian kita sebagai hamba Allah. Meski dimensinya masih personal-vertikal, tentu saja muaranya tetaplah sosial-horizontal lantaran mesti berujung pada ketakwaan.

Bagiku, puasa Ramadan ini termasuk ibadah yang berat. Maka, kepada sesama muslim dan segenap pengunjung blog ini, aku mohon maaf dan dukungannya semoga kami yang muslim ini dapat berpuasa Ramadan sebulan penuh dengan sebaik-baiknya. Dengan begitu, mudah-mudahan energi linuwih dan target ketakwaan itu bisa tercapai. Amin.

 

 

About Bahtiar Baihaqi

Sekadar ingin berbagi, dari orang awam, untuk sesamanya, orang awam pula dan mereka yang prokeawaman.

Diskusi

9 thoughts on “Aku Tak Berniat Puasa … Maaf

  1. akhirnya …. buka puasa😉

    mohon maaf pak …

    Posted by kopral cepot | Agustus 1, 2011, 1:55 am
  2. selamat berbuka puasa kalo begitu:mrgreen:

    Posted by wongkamfung | Agustus 1, 2011, 9:45 am
  3. amminn..
    saya akan selalu mendo’akan semua orang..:)

    Posted by Nuraeni | Agustus 23, 2011, 9:44 am
  4. saya malah sangat lama puasanya pak, hingga bilangan hari terlewati dalam daftar pengunjung pun mencapai titik yang paling rendah yaitu nol

    Posted by sunarno2010 | September 4, 2011, 5:49 pm
  5. pak awam bah,saya juga lama sekali puasa..rasanya tulisan yang sudah diketik urung diposkan…ingin juga segera menempelkan di blog,tapi hatimaunya puasa lagi eehhehe..kangen malam-malam di kantor sambil nguping bang ben hehehe

    Posted by zadinda | September 6, 2011, 8:14 pm

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: